5 Tips Berhenti Merokok

Jakarta: Merokok merupakan penyebab utama penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, penyakit paru menahun, gangguan janin, gangguan pernapasan (PPOK, dan asma).

Selain itu dalam laman resmi Kemenkes juga disebutkan akibatnya bukan hanya pengeluaran biaya yang mahal untuk pengobatan, tetapi juga hilangnya waktu produktivitas sebagai masyarakat produktif.

Dan bila kamu adalah salah satu perokok, tidak ada kata terlambat untuk menghentikannya. Ini memang berat, namun ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu seperti dilansir dari Nhs.uk:
 

1. Buatlah rencana untuk berhenti merokok

Ini bisa dimulai dengan membuat janji pada diri sendiri, tentukan tanggal dan mematuhinya. Kapan pun kamu menemukan diri kamu dalam kesulitan, katakan pada diri sendiri, “Aku bahkan tidak akan memiliki satu hambatan pun”, dan pertahankan ini sampai keinginan itu berlalu.
 

2. Pertimbangkan diet kamu

Apakah rokok setelah makan malam adalah kebiasaanmu? Sebuah penelitian di AS mengungkapkan bahwa beberapa makanan, termasuk daging, membuat rokok terasa lebih memuaskan. Sementara, keju, buah dan sayuran, membuat rasa rokok jadi tidak enak. Jadi tukar daging atau burger biasa kamu dengan capcay. Mungkin ini bisa membantu.
 

3. Ganti minumanmu

Studi AS yang sama seperti di atas juga mengamati minuman. Dalam studi tersebut disebutkan minuman bersoda, alkohol, cola, teh, dan kopi membuat rokok terasa lebih enak. Jadi saat kamu keluar, minumlah lebih banyak air dan jus. Beberapa orang menemukan bahwa hanya mengubah minuman mereka memengaruhi kebutuhan mereka untuk meraih rokok. 
 

4. Bergerak

Sebuah tinjauan studi ilmiah telah membuktikan bahwa olahraga, bahkan berjalan kaki lima menit atau peregangan, mengurangi nafsu makan dan dapat membantu otak kamu memproduksi bahan kimia anti keinginan. Jadi tiap kali kamu mulai ingin merokok, cobalah untuk menggerakan tubuhmu. 
 

5. Buat tangan dan mulutmu sibuk

Terapi penggantian nikotin dapat menggandakan peluang keberhasilan kamu. Coba konsumsi permen hisap atau permen karet. Dan kalau kamu biasa memegang rokok, ganti objek yang kamu pegang dengan hal lain seperti botol minum berisi air putih atau minuman sehat lainnya.
(TIN) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *