Direktur CORE imbau BI tahan suku bunga acuan di level 3,75%

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah memprediksi Bank Indonesia (BI) akan menahan suku bunga acuan di level 3,75% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Februari 2021. 

Meski begitu, Piter melihat sebenarnya bank sentral memiliki ruang untuk menurunkan suku bunga acuan di tengah inflasi yang rendah serta nilai tukar yang relatif stabil dan cenderung menguat. 

Namun, penurunan kembali suku bunga acuan dinilai masih belum efektif. Apalagi dengan kondisi kasus Covid-19 yang masih tinggi.  “Saat ini suku bunga sudah sangat rendah, tetapi penyaluran kredit masih belum naik karena pandemi. Kalau menurunkan lagi di bulan ini, apakah kebijakan itu tepat waktu?” ujar Piter kepada Kontan.co.id, Rabu (17/2). 

Baca Juga: Ekonom Bank Mandiri prediksi BI bakal memangkas suku bunga acuan sebesar 25 bps

Memang, sejak pandemi di tahun 2020, BI telah menurunkan suku bunga acuan sebanyak 5 kali dengan total 125 bps menjadi 3,75%. Ini merupakan tingkat suku bunga acuan terendah sejak tahun 2013. 

Gubernur BI Perry Warjiyo pun tak bosan-bosannya mengingatkan perbankan untuk segera menurunkan suku bunga kreditnya untuk mendorong penyaluran kredit, yang diharapkan mampu mendorong pemulihan perekonomian. 

“Saatnya kita membangun optimisme, sudah saatnya kita meningkatkan kembali perekonomian karena pemerintah, BI, OJK sudah begitu banyak melakukan sinergi kebijakan,” ujar Perry. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *