Kasus Covid-19 Menurun, Korsel Bersiap untuk Vaksinasi

Seoul: Korea Selatan melonggarkan aturan menjaga jarak sosial di sektor bisnis pada Senin ini, 15 Februari 2021. Pelonggaran dilakukan seiring terus menurunnya infeksi Covid-19 di negara itu. Kini, Korsel pun bersiap menjalankan vaksinasi yang dijadwalkan berlangsung bulan ini.
 
Keputusan pelonggaran diambil setelah warga Korsel melewati libur Tahun Baru Imlek pekan lalu. Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mencatat hanya ada tambahan 344 infeksi pada dini hari tadi, lebih kecil dari periode-periode sebelumnya.
 
Korsel berencana memulai vaksinasi nasional Covid-19 pada 26 Februari mendatang. Tenaga kesehatan dan warga lanjut usia akan menjadi kelompok pertama yang divaksinasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menteri Kesehatan Korsel Kwon Deok-cheol mendesak warga untuk terus mentaati protokol kesehatan karena infeksi Covid-19 masih tetap menjadi ancaman di ibu kota Seoul dan daerah sekitarnya.
 
“Jika kita menurunkan kewaspadaan di tengah pelonggaran aturan ini, maka infeksi dapat meningkat lagi,” ucap Kwon, dilansir dari Malay Mail.
 
Baca:  Panel Farmasi Korsel Minta Waspada Penggunaan Vaksin AstraZeneca Bagi Lansia
 
Hampir 80 persen dari kasus baru Covid-19 di Korsel selama liburan Imlek berada di wilayah Seoul. Meski begitu, pelonggaran tetap dilakukan, termasuk untuk wilayah Seoul mulai Senin ini.
 
Kafe dan restoran di Seoul kini boleh beroperasi hingga pukul 22.00. Bar dan kelab malam juga diizinkan untuk dibuka kembali, namun dengan batasan jam operasi dan jumlah pengunjung.
 
Jam malam telah dicabut untuk bioskop, kafe internet, taman hiburan, supermarket besar dan salon rambut di seantero Seoul. Meski aturan menjaga jarak sosial diperlonggar, pertemuan lebih dari empat orang dalam satu ruangan masih dilarang untuk keseluruhan Korsel.
 
Sejauh ini Negeri Ginseng mencatat total 83.869 infeksi covid-19, dengan angka kematian mencapai 1.527.
 
(WIL) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *