Efektif per Kuartal Ketiga 2021, Marc Llistosella Pimpin Tata Motors

Suara.com – Marc Llistosella siap memangku jabatan sebagai Chief Executive Officer (CEO) Tata Motors, efektif per 1 Juli 2021.

Lewat penunjukan dari Tata Motors itu, Marc Llistosella resmi menjabat sebagai pimpinan eksekutif dan direktur pelaksana yang menggantikan Guenter Butschek. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

Sebagai catatan, Marc Llistosella bukanlah sosok asing dalam industri otomotif. Saat ini, ia menjabat CEO FUSO Truck and Bus Corporation Mitsubishi, juga pimpinan Daimler Trucks di Asia. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai CEO Daimler India untuk 2008-2014. Sehingga bisa dibilang ia telah hapal dengan peta otomotif Negeri Bollywood.

“Saya gembira menyambut Marc Llistosellake Tata Motors. Ia adalah pemimpin bisnis otomotif berpengalaman dengan pengetahuan dan keahlian mendalam di bidang kendaraan komersial selama karirnya dan memiliki pengalaman operasional yang luas di India,” papar N Chandrasekaran, Chairman Tata Group, yang dipetik kantor berita Antara dari Economic Times, Sabtu (13/2/2021).

Baca Juga: Ada Insentif Pemerintah India, Tata Nexon EV Jadi Mobil Listrik Idola

Tata Motors sukses produksi mobil ke-4 juta unit pada 2020 [Tata Motors via Antara].
Tata Motors sukses produksi mobil ke-4 juta unit pada 2020. Sebagai ilustrasi [Tata Motors via Antara].

“Marc Llistosellake akan menggali pengalamannya untuk membawa bisnis Tata Motors India ke tingkat yang lebih tinggi,” demikian harapan disampaikan N Chandrasekaran.

Menurut Tata Motors, Guenter Butschek yang menjabat pimpinan perusahaan saat ini tidak ingin memperpanjang kontraknya di industri otomotif negeri itu. Ia berkeinginan kembali ke tanah airnya, Jerman, paruh tahun ini.

Sejatinya, pihak Tata Motors telah membujuk Guenter Butschek agar bertahan di India. Namun ia hanya bersedia hingga 30 Juni 2021.

“Saya ingin berterima kasih kepada Guenter Butschek yang telah memimpin Tata Motors dengan sukses selama lima tahun terakhir,” papar N Chandrasekaran

Sementara Marc Llistosellake menyatakan suka citanya bergabung dengan Tata Motors.

Baca Juga: Kurang dari Satu Tahun, Mobil Listrik Made-in India Ini Tembus 2.000 Unit

“Saya senang menjadi bagian dari keluarga Tata yang unik. Setelah mengenal India selama bertahun-tahun, babak baru yang menarik kini terbuka. Kami akan bersama-sama membangkitkan potensi Tata Motors,” ungkapnya bersemangat.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *