DRI memperkirakan neraca perdagangan tahun 2021 masih akan surplus US$ 14,86 miliar

Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Danareksa Research Institute (DRI) melihat masih adanya peluang neraca dagang untuk surplus dalam beberapa waktu ke depan. Bahkan, di sepanjang tahun 2021 ini neraca dagang diprediksi surplus US$ 14,86 miliar dengan kinerja ekspor sebesar US$ 162,23 miliar dan kinerja impor US$ 147,37 miliar. 

“Perjalanan surplus ke depan akan seiring dengan  peningkatan ekspor dan impor, meski masih belum kembali ke level sebelum pandemi,” ujar Kepala ekonom DRI Moekti P. Soejachmoen dalam laporan yang diterima Kontan.co.id. 

Terperinci, pergerakan ekspor akan dipengaruhi oleh pemulihan negara mitra dagang Indonesia,  khususnya kondisi industri pengolahan mereka. Ini menunjukkan seberapa baik negara tersebut menangani kasus Covid-19. 

Baca Juga: Begini prediksi DRI soal neraca perdagangan pada Januari 2021

Kemudian, ada potensi peningkatan harga dari ekspor komoditas andalan Indonesia, terutama batubara dan Crued Palm Oil (CPO). 

Dari sisi impor, Moekti menyiratkan keyakinannya akan proses vaksinasi bisa kembali meningkatkan aktivitas masyarakat sehingga menggeliatkan permintaan. Ini tentu akan menyebabkan peningkatan impor baik barang modal maupun barang baku. 

“Distribusi vaksin Covid-19 untuk publik juga diharapkan bisa berlangsung pada Februari 2021 atau paling lambat di kuartal kedua tahun ini,” tambahnya. 

Namun, Moekti tetap melihat adanya risiko. Yaitu, kekhawatiran akan potensi diperpanjangnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kalau tidak ada penurunan kasus Covid-19. Ini bisa menghambat kinerja ekspor impor untuk kembali ke level pra pandemi. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *