Buron Hampir 11 Tahun, Penipu Investasi Ditangkap

Jakarta: Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menangkap buronan kasus penipuan Andrea Dewa Putra. Andrea ditangkap usai buron hampir 11 tahun.
 
“Terpidana tersebut ditangkap di rumahnya di Komplek Billy & Moon Blok M-3 Nomor 7 RT 02 RW 10 Jakarta Timur pada tanggal 13 Februari 2021 pukul 14.00 WIB,” kata Kepala seksi penerangan hukum Kejati DKI Jakarta Ashari Syam melalui keterangan tertulis, Minggu, 14 Februari 2021.
 
Ashari menjelaskan kasus ini bermula pada 2005. Saat itu Andrea merupakan konsultan keuangan di PT PDU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia menipu korban berinisial RA untuk menjadi investor bursa komoditi di perusahaannya. Andrea juga mengiming-imingi sejumlah bonus, dan keuntungan jika menjadi investor di PT PDU melalui dirinya.
 
Setelah RA terhasut, Andrea meminta pembayaran awal. RA mentransfer uang Rp205 juta atas permintaan Andrea.
 
“Namun belakangan diketahui bahwa investasi tersebut ternyata tidak benar sehingga RA meminta kembali uangnya akan tetapi terpidana mengelak dengan mengatakan uangnya sudah habis dan ia tidak lagi bekerja di PT PDU,” tutur Ashari.
 
Andrea dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta melakukan penipuan. Dia dihukum dua tahun penjara dan denda Rp2.500.
 
Setelah diputus oleh pengadilan, Andrea sempat mengajukan kasasi di Mahkamah Agung (MA) pada 2011. Namun, kasasi itu ditolak.
 
Sejak 2011 Andrea belum menjalani hukumannya. Usai ditangkap dia langsung dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan Salemba, Jakarta Pusat, untuk menjalani eksekusi hukuman selama dua tahun penjara.
 
(ADN) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *