Wihara Dharma Bakti Tetap Berlakukan Tradisi Lepas Burung

Jakarta: Wihara Dharma Bakti, Jakarta Barat, tetap melakukan tradisi melepas burung pipit (Fang Sheng) saat perayaan Imlek di tengah pandemi covid-19. Namun, jumlah peminat jauh lebih sedikit dari tahun lalu.
 
Penjual burung pipit, Taufik, mengungkapkan jumlah umat yang melepas burung mencapai 10 orang hingga siang hari ini, 13 Februari 2021. Angka ini jauh lebih sedikit dari hari pertama Imlek kemarin, Jumat, 12 Februari 2021. 
 
“Hari ini (melepaskan) seribu burung, kemarin sampai 30 ribu,” kata Taufik di Wihara Dharma Bakti, Sabtu, 13 Februari 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tahun ini, ia menyiapkan 50 ribu burung tiap hari. Jumlah tersebut biasanya ludes pada tahun-tahun sebelumnya. 
 
Taufik menyebutkan, harga satu burung adalah Rp1.500. Normalnya, umat akan melepaskan 108 ekor untuk mewakili satu keluarga. 
 
“Kalau dia sendiri, beli sejumlah umur dia,” ucap dia. 
 
Baca: Hari Kedua Imlek, Jemaat yang Sembahyang di Wihara Dharma Bakti Berkurang
 
Salah satu pembeli burung, Fendi, mengaku baru mengikuti tradisi tersebut tahun ini. Ia dan saudaranya membeli 20 burung. 
 
“Ini perumpaan dari melepas makhluk hidup,” jelas Fendi. 
 
Fendi lebih memilih datang beribadah di hari kedua Imlek untuk menghindari keramaian. Sebab, Wihara diprediksi penuh saat hari pertama.
 
“Tapi protokol kesehatan di sini bagus. Ada pemeriksaan suhu, tempat cuci tangan, dan dibatasi jumlah yang masuk ke tempat ibadah,” beber Fendi.
 
(ADN) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *