Peradi-SAI Mayoritas Diisi Milenial, Siap Hadapi Era Society 5.0

Jakarta: Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) mengangkat banyak milenial pada kepengurusan periode 2020-2025. Ketua Umum Peradi-SAI, Juniver Girsang, berharap mayoritas generasi muda ini bisa menjadi ujung tombak menghadapi perkembangan teknologi revolusi industri 4.0 maupun society 5.0.
 
Juniver berharap kepengurusan yang banyak diisi kaum muda ini bisa membenahi administrasi keanggotan dengan sentuhan teknologi. Sehingga, tidak ada lagi anggota yang tertinggal dan tidak diketahui keberadaannya. 
 
“Kepengurusan kita betul-betul harus membenahi administrasi dengan menggunakan sistem society 5.0. Sistem yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi,” kata Juniver melalui keterangan tertulis, Jumat, 12 Februari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



DPN Peradi-SAI mengangkat dan melantik kepengurusan periode 2020-2025 secara tatap muka dan online pada Kamis, 11 Februari 2021. Juniver mengatakan Peradi telah melaksanakan pemilihan secara demokratis menggunakan sistem one person one vote
 
Dalam kepengurusan yang dilantik, Juniver mengakomodasi delapan organisasi advokat pendiri Peradi, yakni Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin), Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI), Serikat Pengacara Indonesia (SPI), Himpunan Advokat Pengacara Indonesia (HAPI), Asosiasi Konsultan Hukum Indonesia (AKHI), Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM), dan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI). 
 
Juniver meminta Sekretaris Jenderal DPN Peradi-SAI, Patra M Zen, untuk membentuk tim guna membahas peran advokat dalam pembahasan undang-undang. Menurutnya, pelibatan advokat dalam membuat uu selama ini masih lemah dan diabaikan oleh pemerintah maupun legislatif.
 
“Padahal, kita yang berhadapan langsung di lapangan. Di kepengurusan ini, saya minta para advokat aktif membentuk tim bagaimana membahas UU. Kita harus berperan. Dengan kita berperan, berarti membantu masyarakat dan pemerintah untuk menegakkan hukum,” kata dia.
 

Regenerasi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi pelantikan kepengurusan DPN Peradi-SAI. Menurut dia, kepengurusan Peradi-SAI ini memiliki semangat untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Era evolusi industri 4.0 belum selesai, tapi sekarang sudah dihadapkan lagi dengan era society 5.0.
 
“Saya apresiasi langkah Peradi yang mengedepankan regenerasi dalam organisasi dengan mempercayakan 70 persen kepengrusan Peradi kepada generasi muda. Sumber daya manusia dengan kualifikasi yang mampu melaksanakan adaptasi dan inovasi, identik pada generasi muda yang lekat dengan aplikasi teknologi,” kata Bamsoet.
 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *