1 Juta Nakes Sudah Divaksinasi, Bukti Komitmen Pemerintah Tangani Pandemi

Jakarta: Sejak Presiden Joko Widodo disuntik vaksin covid-19 pada 13 Januari 2021, sudah ada satu juta tenaga kesehatan (nakes) yang ikut divaksinasi. Sebagai garda terdepan penanganan pandemi virus korona, nakes menjadi prioritas vaksinasi demi memberikan perlindungan optimal. 
 
Juru bicara pemerintah untuk vaksinasi covid-19 Reisa Broto Asmoro mengungkapkan capaian satu juta nakes divaksinasi menjadi bukti komitmen pemerintah dalam penanganan covid-19. Program ini bisa terlaksana atas kolaborasi berbagai pihak.
 
 “Capaian 1 juta nakes ini tentu bukan kerja mudah, hanya bisa terlaksana berkat kerja keras banyak pihak dan dukungan dari para nakes dan seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Reisa dalam keterangan tertulis, Jumat, 12 Desember 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut dia, untuk mengakselerasi pelaksanaan, Kemenkes menggelar vaksinasi massal di sejumlah kota pada kurun waktu 27 Januari-5 Februari 2021. Tak hanya itu, inovasi registrasi dilakukan untuk memudahkan nakes mengikuti vaksinasi. 
 
Baca: 1 Juta Tenaga Kesehatan Sudah Divaksinasi Covid-19
 
Seluruh  vaksin yang diberikan kepada para nakes berasal dari Sinovac, Tiongkok, yang datang secara bertahap sejak Desember 2020. Total hingga saat ini, Indonesia telah menerima tiga juta dosis vaksin dan 25 juta vaksin bulk. 
 
Sebelum program vaksinasi dimulai, vaksin covid-19 telah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin juga mendapat status halal dan suci dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 
 
(OGI) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *