Temuan Seru: Sering Mengemudi Ternyata Bisa Membuat Tubuh Lebih Rileks

Suara.com – Profesor Lynne Pearce dari Universitas Lancaster, Inggris mengungkapkan hasil sebuah hasil studi, bahwa sering mengemudi memiliki banyak dampak positif terhadap kesehatan.

Dalam bukunya yang bertajuk “Drivetime: Literary Excursions in Automotive Consciousness”, ia menyatakan bila mengemudi mampu memberikan rasa rileks bagi pengemudi. Yaitu semacam terapi.

“Setiap kali masuk ke mobil, saya merasa lega. Tubuh terasa rileks, dan saya merasakan pikiran yang bebas,” kata Lynne Pearce, seperti dikutip dari Motor Authority.

Dalam buku itu, sang profesor juga berbicara saat ia melakukan perjalanan jauh menempuh jarak 1.290 km. Menurutnya sejak pertama berkendara, para psikolog telah tertarik pada fakta bahwa mengemudi menjadi salah satu tugas paling kompleks setiap harinya.

Baca Juga: Jumpai Garis Putih dan Kuning Saat Mengemudi? Ini Arti Marka Jalan Raya

Ilustrasi marka jalan, diambil di wilayah New York, Amerika Serikat [Envato Elements/Christopher_Boswell].
Melewati berbagai situasi jalan raya juga membuat otak selalu aktif, fokus, serta waspada Sebagai ilustrasi [Envato Elements/Christopher_Boswell].

Dengan begitu mengemudi merupakan salah satu bagian yang membebaskan bagian otak untuk berpikir secara produktif.

“Dengan mengemudi, pusat otak tetap waspada. Itulah mengapa lebih sulit untuk fokus pada hal-hal lain ketimbang menghadapi situasi yang lebih menantang, seperti mengemudi dalam cuaca buruk,” jelasnya.

Pada saat yang sama, mengemudi juga dapat membantu meringankan tekanan mental, karena memberikan otak hal lain untuk difokuskan. Sementara mengemudi dengan cepat bisa membuat perasaan lebih gembira.

“Saya suka menggunakan jalan kecil di dekat tempat tinggal saya dan mengemudi perlahan, yang memungkinkan saya untuk lebih dekat dengan lingkungan,” ungkapnya.

Jadi mengapa tidak, silakan mengemudi dengan perasaan lepas dan bebas, namun tentunya tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

Baca Juga: Nenek 89 Tahun Belajar Menyetir dan Bikin SIM, Alasannya Bikin Haru

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *