Program PKMI 2021 dari Ditjen Dikti, buat mahasiswa yang cari modal usaha

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID – Bagi mahasiswa yang sedang mencari bantuan modal usaha, ada kabar baik untuk Anda. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Ditjen Dikti telah membuka Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atawa PKMI tahun 2021.

Program ini dibuat untuk mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausaha muda. 

Melansir dari situs Ditjen Dikti, peringkat wirausaha di Indonesia masuk dalam kategori rendah. Pada 2019, peringkat wirausaha di Indonesia berada di posisi 94 dari 137 negara. 

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Aris Junaidi menyampaikan, jika dengan meningkatkan jumlah wirausaha, jumlah pengangguran di Indonesia bisa ditekan. 

Beban pengangguran termasuk pengangguran terdidik yang cukup tinggi memang menjadi tantangan besar untuk bangsa Indonesia. Aris berharap, agar perguruan tinggi bisa berperan dalam mendorong peningkatan wirausaha muda di Indonesia. 

Baca Juga: KIP Kuliah 2021 bisa dipakai di PTN dan PTS, ini cara lihat daftar universitasnya

Bantuan modal untuk mahasiswa

Kegiatan PKMI tahun 2021 yang dibuka oleh Ditjen Dikti terdiri dari empat program. Program-program yang ditujukan untuk mahasiswa tersebut:

  • Workshop Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia
  • Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI)
  • Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI)
  • Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI)

Untuk mendapatkan modal usaha, mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi berkesempatan untuk mengajukan usulan usaha untuk program KBMI dan ASMI. Usulan usaha tersebut nantinya akan diseleksi untuk menjadi peserta program tersebut.

Bagi mahasiswa yang usulan usahanya lolos penilaian, akan mendapatkan bantuan dana pengembangan wirausaha dan pendampingan dari CEO Academy.

Baca Juga: KIP Kuliah 2021 sudah dibuka, begini cara lihat daftar universitasnya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *